teknik menulis & teknik belajar
1. Pengertian
Teknik Belajar
Menurut kamus
besar bahasa Indonesia dalam Eka
Prihatin pengertian
teknik yaitu sebagai berikut:
a.
Pengetahuan
dan kepandaian membuat sesuatu yang berkenaan dengan hasil industry (bangunan
dan mesin)
b.
Cara(kepandaian
dan sebagainya) membuat atau melakukan sesuatu yang berhubungan dengan seni.
c.
Metode
atau sistem mengerjakan sesuatu.
Secara umum dalam bahasa
Indonesia teknik diartikan cara (kepandaian) membuat sesuatu yang berkenaan
dengan kesenian. Sedangkan teknik yang dimaksud disini adalah cara tertentu
yang dilakukan oleh guru yang akan disampaikan pada siswanya dalam rangka
mendapatkan informasi atau laporan yang diinginkan.
Belajar dalam pengertian ini
diartikan sebagai segala usaha yang diberikan oleh guru kepada anak didiknya
agar mendapat dan mampu menguasai apa yang telah diterimanya, dalam hal ini
adalah Matematika.
|
Salah satu dalam
pembelajaran juga diperlukan teknik pembelajaran yang dapat diartikan sebagai
cara yang dilakukan seseorang dalam mengimplementasikan suatu metode secara
spesifik. Misalkan penggunaan metode ceramah pada kelas dengan jumlah siswa
yang relatif banyak membutuhkan teknik tersendiri, yang tentunya secara teknis
akan berbeda dengan penggunaan metode ceramah pada kelas yang jumlah siswanya
terbatas. Demikian pula, dengan penggunaan metode diskusi, perlu digunakan
teknik yang berbeda pada kelas yang siswanya tergolong aktif dengan kelas yang
siswanya tergolong pasif. Dalam hal ini, gurupun dapat berganti-ganti teknik
meskipun dalam koridor metode yang sama.
2. Teknik
Belajar Menulis Angka
Kata angka biasanya disebut
dengan lambing bilangan. Dalam mengajar menulis lambing bilangan dapat
dikaitkan dengan pelajaran Bahasa Indonesia. Misalnya pada pelajaran Bahasa
Indonesia guru mendiktekan tentang lambing bilangan, mengenal lambang bilangan
sama dengan mengenal sesuatu yang abstrak dan kreatifitas guru dalam
menggunakan metode dan alat peraga pada kegiatan belajar mengajar sangat
menentukan pemahaman murid dalam membaca lambang bilangan.
Menurut Depdikbud langkah-langkah
yang ditempuh dalam pelaksanaan pengajaran menulis dikelas I adalah sebagai
berikut:
a.
Pengenalan
huruf, fungsi pengenalan huruf ini adalah nntuk melatih indera siswa dalam
mengenal suatu tulisan.
b.
Latihan, agar
siswa mengenal dan dapat menulis suatu tulisan dengan baik dan benar perlu
diadakan latihan.
Latihan
yang dimaksud antara lain:
1)
Latihan memegang
pensil dan sikap duduk
2)
Latihan dengan
gerakan tangan
3)
Mengeblat /
menebalkan
4)
Menatap, menatap
berarti mengadakan koordinasi antara mata, ingatan dan ujung jari ketika
menulis sehingga ingatan akan bentuk kata atau huruf dipindahkan ke otak ke
ujung jari.
5)
Menyalin dan
menulis halus / indah
6)
Dikte
7)
Melengkapi,
melengkapi dimulai dari kegiatan yang paling mudah sampai kegiatan yang sukar
Menurut saputra guru dapat
melakukan pembelajaran menulis angka dengan langkah-langkah sebagai berikut:
a.
Menggali
pengetahuan-pengetahuan yang dimiliki oleh siswa. Ini dapat dilakukan oleh
seorang guru dengan menanyakan jumlah benda-benda yang ada disekitar siswa.
b.
Memperkenalkan
kepada siswa bentuk lambang bilangan dari benda yang disebutkan oleh siswa
dengan kartu bilangan.
c.
Setelah siswa
mengetahui bentuk lambang bilangan dengan kartu bilangan siswa diajari untuk
membaca lambang bilangan tersebut
d.
Setelah siswa
mampu membaca lambang bilangan tersebut, kemudiaan siswa menulis dengan
mengggunakan gerakan tangan saja. Ini disebut dengan teknik menulis
angka di atas awing-awang
e.
Menulis lambang
bilangan dengan cara menjiplak menurut anak panah yang telah di tetapkan.
Menjiplak dapat dilakukan di kertas tipis yang tembus pandang (transparan).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar